teks

Visi GPSK Immanuel Ng. Merakai : Menjadi GEREJA yang MISIONER, yang MEMBERKATI serta DIBERKATI

Rabu, 10 April 2013

HIDUP YANG LAMA MENJADI HIDUP YANG BARU ( KISAH PARA RASUL 9:1-19a )

PENDAHULUAN

            Setiap orang pasti mempunyai latar belakang yang berbeda-beda; ada yang berasal dari keluarga yang sederhana, kaya, besar, ada juga orang yang dulunya sangat baik tetapi dalam perkembangan waktu menjadi jahat karena alasan yang berbeda-beda, ada juga orang yang dulunya begitu jahat tetapi dalam perkembangan waktu menjadi orang yang sangat baik, juga dengan alasan yang berbeda-beda.
pemaharuan oleh darah
            Dulu saya adalah orang Kristen tetapi saya adalah orang yang jahat. Saya adalah seorang penjudi, saya berjudi setiap hari minggu, jadi untuk ke gereja saya tidak punya waktu. Dan bukan hanya itu, saya juga tidak terlalu memperhatikan segala keperluan keluarga, saya orang yang sangat jahat, tetapi sejak Tuhan memanggil saya segala kehidupan lama saya, saya tinggalkan, judi, tidak ke gereja, tidak memperhatikan keluarga, semuanya saya tinggalkan, sekarang saya rajin ke gereja, saya memberikan waktu saya untuk Tuhan, saya menyerahkan seluruh hidup saya kepada Tuhan, dan saya sekarang berdiri di hadapan saudara untuk melayani Tuhan.
            Demikian juga dalam nats yang kita baca pada hari ini, kita akan melihat bagaimana  seorang Saulus dari kehidupan lamanya  bertobat menjadi seorang Paulus dalam kehidupan yang baru.
1.      Kehidupan lama Paulus
2.      Pertobatan Paulus
3.      Kehidupan baru Paulus

KEHIDUPAN LAMA PAULUS
Di dalam nats yang kita baca saat ini  dalam ayat 1 dan ayat 2 dijelaskan bahwa Paulus adalah seorang pembunuh dan bukan pembunuh sembarangan, dia adalah pembunuh orang-orang Kristen.  Menurut saya dia ini adalah seorang pembunuh yang sangat-sangat jahat.  Kalau kita baca dalam Kisah rasul pasal 7 tentang kematian Stefanus, dijelaskan bahwa Paulus ada di sana menyaksikan kematian dari Stefanus dan bukan hanya itu menurut saya malah Paulus yang merencanakan kematian Stefanus. Sekali lagi saya katakan bahwa Paulus sebelumnya adalah seorang yang sangat jahat.

PERTOBATAN PAULUS
penyerahan diri secara total kepada Yesus Kristus
            Pertobatan Paulus dijelaskan dalam ayat 3-6 Dalam perjalanannya ke Damsyik Tuhan bertemu dengan Paulus. Dijelaskan tiba-tiba cahaya  memancar dari langit lalu mengelilingi Paulus. Saya percaya bahwa cahaya yang memancar dari langit ini adalah cahaya kemuliaan Kristus, karena Kristus itu begitu mulia dan agung. Setelah itu dijelaskan Paulus rebah ke tanah, kenapa sebenarnya Paulus rebah ke tanah karena Paulus benar-benar tidak layak menghadap Kristus, menatap wajah Kristus dalam kemuliaanNya. Lalu Tuhan berkata Saulus-Saulus mengapa engkau menganiaya Aku, pertanyaan Tuhan Yesus ini adalah suatu pertanyaan yang membingungkan bagi Paulus terlebih juga bagi kita sekarang ini, apakah Paulus sudah pernah bertemu Tuhan Yesus sebelumnya dan menganiayaNya, saya rasa tidak. Lalu kenapa Tuhan Yesus berkata demikian, jawabannya adalah karena penganiayaan yang dilakukan oleh Paulus kepada orang-orang Kristen, itu juga dilakukannya kepada Kristus.

KEHIDUPAN BARU PAULUS
Tuhan memberikan perintah kepada Paulus, Tuhan berkata bangunlah dan pergilah lalu apa respon Paulus, dijelaskan Saulus bangun dan berdiri lalu pergi ke kota yang diperintahkan oleh Tuhan. Hal yang kita pelajari dalam baigian ini adalah ketaatan Paulus. Dahulu Paulus adalah yang melawan Kristus tetapi sekarang Paulus taat kepada perintah Kristus.
Tuhan memberikan tugas kepada Paulus yaitu untuk membagikan Injil Kristus, dijelaskan di dalam ayat 16b banyak penderitaan yang akan ditanggung oleh Paulus, dan pada perkembangannya penderitaan tersebut dialami oleh Paulus. Tetapi sebelum tugas itu diberikan kepada Paulus, Paulus terlebih dahulu harus mengalami pemenuhan Roh Kudus setelah itu dia dibaptis.

APLIKASI
            Dalam pendahuluan tadi saya jelaskan bahwa setiap kita mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, saya tidak tau latar belakang kita masing-masing sehingga kita ada di sini, tetapi yang saya tau Anda sedang di dalam Kristus pada saat ini. Mari kita belajar dalam kehidupan Paulus
1.    Sebelumnya Paulus adalah seorang yang jahat, yang paling jahat dan sangat jahat, tetapi ketika Ia dipanggil oleh Tuhan dia mengalami pertobatan secara total yang dahulu kehidupannya untuk membunuh orang-orang Kristen, menganiaya Kristus tetapi setelah dia dipanggil Tuhan dia melayani Tuhan sampai ia mati, Biarlah kita belajar dari kehidupan Paulus, saya tidak tau latar belakang sdr/sdri mari kita meninggalkan kehidupan lama kita ke dalam kehidupan baru kita.
2.    Perlu kita ketahui bahwa bukan kita yang mencari Tuhan tetapi Tuhanlah yang menemukan kita seperti yang kita pelajari dalam Paulus, Paulus tidak mencari Tuhan tetapi Tuhanlah yang menemukan Paulus. Tuhanlah yang menemukan sdr-sdri yang ada di tempat ini.
3.    Setelah Paulus bertemu dengan Tuhan ia dipenuhi oleh Roh Kudus dan dibaptis untuk persiapannya dalam melayani Tuhan. Saya percaya bahwa pada awal Tuhan menemukan kita, kita telah dibaptis dan dipenuhi dengan Roh Kudus sehingga kehidupan kita yang sekarang adalah kehidupan yang baru.

Hidup bapak/ibu, sdr/sdri sekarang adalah hidup yang baru jangan kembali lagi dalam kehidupan yang lama, layanilah Tuhan dalam keadaanmu sekarang, baca Alkitab setiap hari, berdoa setiap hari kepada Tuhan dan lakukanlah yang terbaik untuk Tuhan dan untuk sesama Anda yang ada di tempat ini. Amin.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar